Tips Mudah Blokir Pengguna Wifi Ilegal, Pemula Bisa Mencoba

  • Whatsapp
Tips Mudah Blokir Pengguna Wifi Ilegal, Pemula Bisa Mencoba

Tips Mudah Blokir Pengguna Wifi Ilegal, Pemula Bisa Mencoba

Tips Mudah Blokir Pengguna Wifi Ilegal– Saat kuota data seluler sudah menipis atau bahkan habis, alternatif terbaik yakni dengan beralih ke sinyal Wifi. Sekarang ini sudah banyak Wifi Corner yang tersebar di daerah-daerah dan siapa pun bisa menikmatinya. Jika ingin tempat yang lebih nyaman, bisa dengan datang ke warung atau cafe yang menyediakan free Wifi. Jaringan Wifi banyak dipilih, salah satunya karena sinyal yang diberikan cukup cepat dan stabil.

Jika tidak ingin ribet, Anda juga bisa menghadirkan jaringan Wifi di rumah Anda. Salah satunya dengan menggunakan layanan Indihome dari Telkom. Sebagai pemilik jaringan Wifi, terkadang ada saja pengguna lain yang secara diam-diam terhubung dengan jaringan Wifi Anda. Terlalu banyak perangkat yang terhubung, hal ini tentu bisa membuat sinyal Wifi menjadi lemot. Agar hal ini tidak terjadi lagi, sebaiknya Anda lakukan pemblokiran pada perangkat yang terhubung tanpa izin alias ilegal. Lantas, bagaimana tips blokir pengguna Wifi ilegal tersebut? Berikut ini informasi selengkapnya.

Tips Mudah Blokir Pengguna Wifi Ilegal, Pemula Bisa Mencoba

Tips Mudah Blokir Pengguna Wifi Ilegal

Tidak jarang pengguna yang tahu bagaimana cara membobol jaringan Wifi lewat HP maupun PC/laptop. Kita sebagai pemilik jaringan Wifi tentunya akan sangat dirugikan jika terlalu banyak pengguna yang secara tanpa izin terhubung ke dalamnya. Selain bisa menyebabkan melebihi FUP, jaringan Wifi juga bisa menjadi sangat lemot saat diakses.

Baca Juga :Tips dan Trik Hack WhatsApp yang Mudah Seperti Hacker

Karena itulah, penting sekali untuk Anda mengetahui bagaimana Tips blokir pengguna Wifi tanpa izin tersebut. Adapun langkah-langkah untuk memblokir pembobol Wifi selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Blokir Pengguna Wifi Ilegal Lewat HP Android

Cara melakukan pemblokiran pada pengguna Wifi ilegal yang pertama ini bisa Anda terapkan melalui perangkat HP android. Selain itu, Anda juga butuh aplikasi pendukung untuk memuluskan langkah tersebut. Aplikasi yang dimaksud tersebut yakni bernama Block Wifi Freeloader. Untuk langkah-langkah menggunakannya sendiri, yakni:

  • Langkah yang pertama Anda download dan install aplikasi Block Wifi Freeloader tersebut di HP Android
  • Kalau sudah, sekarang Anda hubungkan perangkat android dengan jaringan Wifi.
  • Selanjutnya Anda jalankan aplikasi Block Wifi Freeloader yang sudah diinstall tadi.
  • Pada tampilan utama aplikasi, akan muncul list perangkat yang terhubung dengan jaringan Wifi tersebut. Untuk memastikan perangkat yang terhubung, Anda bisa klik tombol Rescan. Maka aplikasi akan melakukan scan ulang untuk menemukan perangkat yang terhubung ke jaringan Wifi.
  • Sekarang Anda cari mana perangkat yang ingin Anda blokir dari jaringan Wifi. Kalau sudah ketemu, selanjutnya Anda ubah statusnya menjadi Stanger.
  • Kemudian Anda masuk ke menu Raouter Manager, kemudian klik pada tombol Block.
  • Secara otomatis perangkat yang statusnya diganti Stanger tadi akan langsung terblokir.

Sebagai informasi, untuk beberapa perangkat yang tidak ingin Anda blokir, pastikan statusnya berupa Known. Misalnya perangkat Anda sendiri, keluarga, teman atau yang lainnya.

  1. Blokir Pengguna Wifi Ilegal Lewat PC atau Laptop

Jika cara di atas bisa Anda lakukan melalui perangkat HP, beda lagi untuk alternatif kedua ini. Di sini Anda bisa menggunakan perangkat PC atau laptop untuk melakukan pemblokiran terhadap perangkat ilegal yang terhubung ke jaringan Wifi. Caranya juga sama mudahnya seperti cara pertama di atas.

Di sini Anda juga membutuhkan software bernama Wifi Thief Detector yang dikembangkan oleh Wifi Router – Wifi Booster. Untuk langkah-langkah menggunakannya sendiri, yakni:

  • Langkah yang pertama Anda download dan install software Wifi Thief Detector di perangkat PC atau laptop.
  • Pastikan perangkat PC atau laptop Anda sudah terhubung ke jaringan Wifi yang ingin diblokir pengguna ilegalnya.
  • Kalau sudah, sekarang langsung jalankan software tersebut.
  • Pada tampilan awal software Anda klik tombol Let’s Start dan cara otomatis software akan melakukan scanning perangkat yang terhubung ke jaringan Wifi tersebut.
  • Selanjutnya klik tombol Device Detail untuk mengetahui perangkat yang terhubung.
  • Cari perangkat yang tidak dikenal dan ingin Anda blokir. Selanjutnya langsung Anda lakukan block saja. Jangan lupa tulis MAC Address perangkat untuk memblokirnya
  1. Blokir Pengguna Wifi IndiHome

Khusus Anda pengguna Wifi IndiHome, bisa melakukan cara ketiga ini untuk memblokir pengguna Wifi yang tidak dikenal. Untuk langkah-langkahnya sendiri, yakni:

  • Langkah yang pertama Anda buka browser di perangkat PC atau HP android. Namun, lebih disarankan untuk menerapkan cara ini melalui perangkat PC atau laptop saja.
  • Selanjutnya Anda kunjungi alamat IP router IndiHome. Caranya klik alamat IP ini di Address Bar >> 192.168.1.1 atau 192.168.0.1 kemudian tekan Enter. Pastikan perangkat PC atau laptop yang digunakan sudah terhubung ke jaringan Wifi.
  • Nantinya akan ditampilkan halaman login ke halaman admin router. Jika belum pernah diatur, Anda bisa login ke halaman admin tersebut dengan memasukkan username dan password sama-sama “admin”.
  • Kalau sudah, sekarang Anda masuk ke menu Security >> MAC Filtering >> pilih Enable pada MAC Filtering Enable >> pilih Blacklist pada MAC Filtering Blacklist/Whitelist >> klik tombol Add.
  • Selanjutnya Anda masukkan MAC Address perangkat yang ingin Anda blokir dan isi pengaturannya sesuai keinginan. Dan terakhir klik Apply.

Itulah tadi Tips Mudah Blokir Pengguna Wifi Ilegal, Pemula Bisa Mencoba. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published.